Pentingnya Aplikasi POS untuk Bisnis Makanan dan Minuman

aplikasi restoran



Aplikasi Point of Sale (POS) merupakan sebuah teknologi berbasis komputer yang digunakan oleh banyak restoran atau bisnis terkait makanan dan minuman, toko ritel, dan berbagai jenis bisnis lain untuk memproses pemesanan, data rekam dan menampilkan atau mencetak tiket.

Server restoran, bartender dan kasir semua bisa menggunakan sistem program aplikasi POS untuk dengan mudah memasukkan pesanan makanan dan minuman.


Manfaat Aplikasi POS

Aplikasi POS, salah satu saran adalah aplikasi restoran Point of Sales, bertindak sebagai kasir serta komputer. Bahkan, program aplikasi POS toko dapat terdiri dari beberapa terminal, termasuk terminal kartu kredit, penerimaan printer, layar tampilan, dan stasiun server. Memiliki program POS di tempat Anda dapat dengan mudah menambah kenyamanan, akurasi dan penghematan waktu dalam situasi sibuk.

Bahkan,  aplikasi restoran Point of Sales juga memiliki kemampuan untuk melakukan banyak fungsi, termasuk menghitung uang tunai untuk setiap order yang dimasukkan, mencatat metode pembayaran, melacak uang tunai di laci kas, membuat laporan penjualan per jam dan harian, menghitung tenaga kerja dan penggajian, merekam rata-rata jumlah kehadiran harian untuk setiap pekerja, melacak item menu yang dijual, mencatat informasi pelanggan, dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi restoran Point of Sales memiliki cara kerja yang berbeda dan cara pengguna menggunakannya akan berbeda tergantung pada jenis restoran dan gaya layanan. Biasanya karyawan memasukkan namanya atau kode pengguna ke layar sentuh awal. Hal ini memungkinkan pekerja untuk mengakses sistem.

Karyawan mulai suatu tatanan baru dengan memasukkan item makanan pesanan pelanggan. Untuk restoran layanan penuh, karyawan juga dapat memilih nomor meja dan menambahkan makanan untuk pemeriksaan yang ada. aplikasi restoran Point of Sales mengirimkan informasi ini semua ke dapur atau bar dalam bentuk tiket yang dicetak atau pada layar monitor digital.

Karyawan di bagian dapur atau bar akan membaca pesanan dan membuat makanan atau minuman yang tepat agar pelayan atau karyawan lain dapat melayani pelanggan. Di sebuah restoran yang membutuhkan layanan cepat, karyawan akan membaca total muatan pada layar POS, dan mengumpulkan pembayaran dari pelanggan. Dalam layanan penuh, server akan membawa cek, menunggu pembayaran, kemudian masukkan ke dalam POS ketika pelanggan selesai.

Layar sentuh dapat ditemukan di berbagai tempat di sekitar restoran, tergantung pada tata letak dan gaya pelayanan. Untuk restoran cepat dan kasual, aplikasi restoran Point of Sales biasanya terletak di tempat yang terlihat, sering berada di dekat pintu depan restoran. Dalam restoran yang lebih resmi, aplikasi restoran Point of Sales biasanya terletak di lokasi yang lebih baik agar tidak mengganggu suasana atau pengalaman bersantap.

Buat kamu Pengusaha bisnis makanan kamu bisa menggunakan aplikasi restoran Point of Sales atau ingin trial aplikasi restoran Point of Sales terlebih dahulu? kamu bisa download di free tria

Silahkan mencoba beberapa aplikasi POS sesuai bisinis atau usaha kamu link tadi, Semoga bermanfaat
×
Judul