Tips Melakukan Pengadaan Stock Restoran

http://infobisnismakanan.blogspot.com

Info bisnis makanan -Setelah Beberapa waktu lalu kita membahas cara membuka bisnis makanan sekarang kita coba bahas tentang melakukan inventaris dalam persediaan barang di bisnis makanan yang kita kelola.

Apa saja inventaris yang ada dalam bisnis makanan anda kelola? Makanan, minuman, peralatan dapur dan lain-lain. Anda harus menghitung disetiap barang atau pasokan makanan yang anda punya,untuk tetap mengendalikan semuanya ditangan Anda.

Tujuan Melakukan Persediaan Barang

Tujuan utama dari melakukan persediaan barang adalah untuk mengukur persediaan dan jumlah makanan, perlengkapan dan produk lainnya. Penggunaan barang atau stock makanan pada restoran Anda digunakan dari waktu ke waktu, penggunaan ini dapat di konversi ke biaya, yang kemudian dibandingkan dengan total penjualan untuk periode tertentu. Dengan cara ini, Anda bisa dapat merasakan berapa banyak keuntungan bisnis Anda dari produk yang dijual.

Mengambil persediaan mempengaruhi proses pemesanan Anda juga. Ini memungkinkan Anda tahu berapa banyak Anda memiliki, serta seberapa cepat itu sedang digunakan. Dan dengan demikian berapa banyak yang Anda butuhkan untuk memesan setiap minggu.

Kenapa harus menghitung persediaan makanan? Jika Anda memiliki terlalu banyak makanan segar di kulkas, itu akan menjadi buruk jika tidak segera habis dikelola karena akan segera busuk. Tapi jika Anda tidak memiliki cukup persediaan makanan, Anda berisiko kehabisan makanan dan mengecewakan tamu Anda. Itulah alasan kenapa pentingnya menghitung persediaan makanan dan melakukan pengadaan makanan dalam bisnis makanan Anda.

Cara Menghitung Persediaan Makanan 

Jumlah persediaan biasanya dihitung seminggu sekali. Untuk menghindari masalah dalam menghitung, tapi Anda juga bisa melakukannya setiap hari. Hal ini biasanya dilakukan oleh manajer umum dan manajer dapur.

Langkah untuk Melakukan Inventarisasi Hitungan


  • Mulai laporan persediaan baru dalam perangkat lunak Anda.
  • Mencetak lembar persediaan.
  • Mengambil persediaan fisik dan menuliskan jumlah dari semua makanan dan persediaan pada lembar hitungan Anda.
  • Masukkan jumlah Anda ke dalam perangkat lunak Anda.
  • Jalankan varians melaporkan untuk menemukan perbedaan antara penggunaan teoritis dan aktual.
  • Ambil Inventarisasi Lembar Hitungan.


Dalam lembar hitungan di atas, item dan satuan ukuran konstan. "Jumlah" kolom di mana manajer mengambil persediaan menulis dalam jumlah setiap produk dihitung. "Harga satuan" kolom disertakan untuk menunjukkan nilai dari item individu, dan "total biaya" menunjukkan bagaimana total senilai seluruh saham dari barang tersebut.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan software atau aplikasi khusus restoran dan rumah makan. Menggunakan software khusus restoran akan jauh memudahkan Anda dalam menghitung persediaan barang. Anda bisa baca cara memilih software untuk bisnis makanan sebelumnya.


Beberapa Hal Yang Menyebabkan Persediaan Makanan Habis diluar Perhitungan

Ada sejumlah alasan mengapa restoran Anda mungkin mengalami kerugian dalam persediaan. Berikut ini adalah alasan paling umum mengapa restoran kehilangan produk:

Limbah

Hal ini terjadi di setiap restoran. Sebuah server tidak sengaja menumpahkan sepiring makanan, atau pekerja dapur membakar beberapa potong steak. Tidak peduli bagaimana hal itu terjadi, staf restoran harus masuk ke dalam kebiasaan merekam semua item terbuang. Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan tulisan tangan item, jumlah terbuang, dan alasan itu terjadi pada selembar clipboard. Dengan cara ini, setiap persediaan yang hilang dicatat ketika menganalisis penggunaan. Selain itu, manajer perlu untuk mempelajari mengapa makanan yang terbuang dan bagaimana mereka dapat memperbaiki masalah. Bisa jadi karyawan bekerja tidak bertanggung jawab, atau mungkin mereka tidak menyadari bagaimana benar menyiapkan makanan, dalam hal ini karyawan mungkin memerlukan pelatihan lebih lanjut.

Item gratis

Kadang-kadang, pekerja restoran memiliki alasan penting untuk memberikan pelanggan barang gratis. Mungkin pelanggan dihargai untuk bisnis kembali, atau sepasang pelanggan merayakan acara khusus di restoran Anda. Bahkan untuk situasi di mana barang-barang gratis yang diberikan sebagai imbalan kompensasi untuk pengalaman yang tidak menyenangkan, manajer perlu untuk menyetujui semua item comped. Hal ini untuk memverifikasi legitimasi transaksi, serta tepat memperhitungkan persediaan habis.

Pencurian

Pencurian Insider merupakan realitas disayangkan di banyak restoran. Meskipun ini bukan norma, pencurian dapat menjadi alasan untuk persediaan hilang. Pencurian melibatkan apapun dari makan restoran makanan di luar makanan karyawan untuk mencuri botol penuh alkohol. Mengawasi keluar untuk perilaku yang mungkin mengarah ke pencurian karyawan restoran.

Demikianlah mengapa kita harus menghitung persedian makanan dalam bisnis makanan yang kita bangun, agar kerugian yang kita alami dapat di minimalisir sedikit mungkin. semoga bermanfaat..















×
Judul